Sejarah dan Pengertian Musik

Musik ialah suara yang dibentuk demikian rupa sampai-sampai berisi irama, lagu, dan keharmonisan khususnya suara yang didapatkan dari alat-alat yang bisa menghasilkan irama.
Walaupun musik ialah sejenis gejala intuisi, guna mencipta, membetulkan dan mempersembahkannya ialah suatu format seni. Mendengar musik pula ialah sejenis hiburan. Musik ialah sebuah gejala yang paling unik yang dapat dihasilkan oleh sejumlah alat musik.

pesona-musik-indonesia-5

SEJARAH
Musik dikenal semenjak kehadiran insan modern Homo sapien yaitu sekitar 180.000 sampai 100.000 tahun yang lalu. Tiada siapa tahu bila insan mula mengenal seni dan musik. Dari penemuan arkeologi pada lokasi-lokasi laksana pada benua Afrika selama 180.000 tahun sampai 100.000 tahun dahulu telah mengindikasikan perubahan perubahan dari pemikiran benak manusia. Dengan otak insan yang lebih pintar dari hewan, mereka menciptakan pemburuan yang lebih terancang sehingga dapat memburu fauna yang besar. Dengan keterampilan otak ini, mereka bisa beranggapan lebih jauh sampai di luar nalar dan mencapai khayalan dan spiritual. Bahasa guna berkomunikasi sudah terbentuk salah satu mereka. Dari bahasa dan ucapan simpel untuk tanda bahaya dan menyerahkan nama-nama hewan, perlahan-lahan sejumlah kosa kata hadir untuk menamakan benda dan nama panggilan guna sesorang.

Dalam kehidupan yang berpindah-pindah, mereka barangkali mendapat ilham untuk memungut tulang kaki kering fauna buruan yang menjadi makanan mereka lantas meniupnya dan menerbitkan bunyi. Ada pun yang mendapat ilham ketika menyimak alam dengan mengembus rongga kayu atau bambu yang menerbitkan bunyi. Kayu disusun lubang tiup dan menjadi suling purba.

Manusia mengaku perasaan fobia mereka dan gembira memakai suara-suara. Bermain-main dengan suara mereka menjadi lagu, hymne atau syair nyanyian kecil yang diinspirasikan oleh kicauan burung. Kayu-kayu dan batuan keras dipukul untuk menerbitkan bunyi dan irama yang mengasyikkan. Mungkin secara tidak sengaja mereka sudah mengetuk batang pohon yang berongga di dalamnya dengan batang kayu yang menerbitkan bunyi kuat. Kulit hewan yang mereka pakai sebagai pakaian ditaruh pula untuk memblokir rongga kayu itu besar menjadi gendang.

PRASEJARAH
Prasejarah musik melulu dapat berteori menurut temuan dari website arkeologi paleolitik. Seruling Merupakan alatmusik yang tidak jarang ditumakan pada zaman pra sejarah dan bentuknya laksana shakuhachi yang berasal dari Jepang. Seruling Divje Babe yang tercipta dari tulang paha beruang gua, yang diduga sudah digunakan sekitar 40.000 tahun yang lalu. Berbagai jenis seruling dan perangkat musik yang tercipta dawai atau senar sudah ada semenjak zaman Peradaban Lembah Sungai Indus , India mempunyai salah satu tradisi musik tertua di dunia yang berasal dari buku Weda . Pengumpulan paling mula dan terbesar perangkat musik prasejarah ditemukan di Cina dan tanggal pulang ke antara 7000 dan 6600 SM. Lagu-lagu Hurrian / Hurrian songs ialah kumpulan musik tertulis dalam artikel kuno yang digali dari Hurrian di kota Ugarit yang diperkiarakan sudah ada selama 1400 SM

Iklan