10 Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Wajib di Kunjungi

tempat-wisata-jawa-tengah
Yogyakarta (sering juga disebut Jogja atau Yogya), terletak di tengah Pulau Jawa, Indonesia adalah kota yang menakjubkan, kombinasi yang unik antara candi-candi kuno, sejarah, tradisi, budaya, dan fenomena alam menjadikan Yogyakarta layak dikunjungi.
Jumlah tempat pariwisata di Jogja telah menarik wisatawan, wisatawan domestik maupun mancanegara. Keragaman upacara keagamaan, dan budaya dari berbagai agama dan didukung oleh kreativitas artistik dan keramahan dari orang-orang, membuat Yogyakarta pengalaman yang tak terlupakan. Jarak antara lokasi atraksi mudah dijangkau sangat menguntungkan bagi wisatawan yang ingin berlibur, dan segalanya masih murah di Yogyakarta. Berikut adalah berbagai tempat wisata utama di Yogyakarta yang harus Anda kunjungi:
1. Candi Borobudur
Borobudur adalah Candi Budha terbesar di dunia. Ribuan turis asing bersedia untuk melakukan perjalanan ribuan mil hanya untuk melihat karya yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Candi Borobudur adalah irama siapa pun yang melihatnya. Candi Budha ini megah yang berisi serangkaian enam teras persegi yang melingkar halaman tiga. Tembok yang dihiasi dengan 2672 Relief dan patung-patung Buddha 502. Stupa utama dan terbesar terletak di tengah dan dikelilingi oleh 72 stupa berlubang yang didalamnya terdapat arca Buddha. Dikatakan bahwa pengunjung yang bisa menampung patung-patung di stupa, akan mendapatkan keberuntungan. Borobudur dibangun pada abad ke 8 dan 9. Jadi, bangunan bersejarah ini telah ada 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum Katedral di Eropa. Borobudur adalah sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.
2. Malioboro
Malioboro adalah harus mengunjungi Yogyakarta. Malioboro adalah pusat berkumpulnya seniman dari berbagai universitas, laki-laki muda dan perempuan, menjadi tempat berkumpulnya aksesoris dan berbagai pernak pernik, tempat berkumpul bagi wisatawan dan tempat berkumpulnya Penjual dan pembeli. Malioboro tempat tidak pernah sepi pengunjung dari pagi hingga malam hari. Di malioboro Anda dapat membeli aneka barang mulai dari pernik cantik, cinderamata unik, batik klasik, emas dan permata hingga peralatan rumah tangga yang diinginkan. Bagi penggemar cinderamata, Malioboro menjadi surga perburuan yang asyik. Berjalan di bahu jalan sambil menawar aneka barang yang dijual oleh pedagang kaki lima, akan menjadi pengalaman tersendiri. Berbagai cinderamata buatan lokal seperti batik, hiasan rotan, perak, kerajinan bambu, wayang kulit, blangkon, miniatur kendaraan tradisional, asesoris, hingga gantungan kunci semua bisa ditemukan dengan mudah. Jika Anda pandai menawar, barang-barang tersebut bisa dibawa pulang dengan harga yang cukup murah. Atau bagi pecinta kuliner, Malioboro juga tempat yang tepat untuk mencicipi masakan lokal Yogyakarta.
3. Prambanan Temple
Candi Prambanan adalah candi Hindu tercantik di dunia. Candi Prambanan adalah salah satu situs Warisan Dunia UNESCO. Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa cantik yang dibangun pada abad kesepuluh selama masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di pulau Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota, di tengah area yang kini dibangun taman indah. Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Keindahan Candi Prambanan di sore hari akan menawarkan pemandangan matahari terbenam di candi utama. Menakjubkan! Anda akan merasakan ketenangan Prambanan, ketika melihat matahari terbenam di sini. Dan keheningan Suci yang keluar akan membuat Anda terpesona dan kagum. Jangan lupa untuk menangkap momen.
4. Parangtritis Beach
Parangtritis adalah pantai yang indah, gelombang dan angin yang kuat memukul tubuh. Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul (Ratu Kidul). Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai Laut Selatan. Pantai paling terkenal di Yogyakarta menyediakan rangkaian lengkap fasilitas penginapan, mushola, toilet umum, makan, Pantai pemantauan tim. Wisatawan juga dapat mencoba olahraga yang memacu adrenalin seperti panjat, paralayang dan hang gliding di pantai ini.
5. Kaliurang
Berjarak 28 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, Kaliurang kini menjadi daerah wisata budaya dan alam mempesona yang menjadi tempat yang menyenangkan untuk rekreasi keluarga. Pemandangan Gunung Merapi memberi sensasi tersendiri di kawasan ini. Gunung ini akan tertutup kabut ketika kami datang untuk melihatnya. Pergi sepanjang sisi barat Bukit Plawangan selama 1100 meter, menempuh perjalanan lintas alam, melalui jalan tanah diapit pepohonan dan lereng hijau, dan serangkaian 22 gua peninggalan Jepang yang u beberapa